Berita Situs

Pengertian E-Learning Dan Keuntungannya Yang Didapatkan

 
Picture of Deni Ramadhan
Pengertian E-Learning Dan Keuntungannya Yang Didapatkan
by Deni Ramadhan - Monday, 2 October 2017, 7:33 PM
 

A. Penjelasan e-learning

Electronic Learning atau dikenal dengan sebutan e-learning adalah cara dalam belajar mengajar dengan menggunakan media elektronik, khususnya menggunakan jaringan Internet sebagai sarana pembelajarannya. Atau e-learning yaitu suatu metode belajar mengajar, yang dimana melibatkan alat-alat elektronik sebagai media perantaranya (komputer, laptop dll.). Yang termasuk kedalam e-learning misalnya seperti proses belajar mengajar berbasis web atau berbasis online.

Arti e-learning secara luas yaitu mencangkup proses pembelajaran yang dilakukan dengan media elektronik seperti menggunakan internet, baik itu secara formal maupun secara informal. E-learning secara formal seperti pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dll. yang sudah disusun dan diatur berdasarkan jadwal yang telah disepakati oleh pihak yang ada kaitannya dengan E-learning. Selain itu e-learning juga dapat dilakukan secara informal dengan interaksi yang sederhana seperti melalui web pribadi, mailinglist dll. Pembelajaran menggunakan e-learning saat ini sudah banyak digunakan oleh sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia maupun di negara-negara lain.

Tujuan dari e-learning salah satunya supaya materi pembelajaran dapat digunakan dan dipelajari oleh seluruh pihak yang membutuhkannya karena dengan e-learning akan mempermudah dalam mengaksesnya dan proses pembelajaran dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama ada koneksi internet.

inilah definisi e-learning

Apa yang dimaksud dengan e-leraning (Electronic Learning)?

Dapat disimpulkan karakteristik dari e-learning diantaranya seperti memanfaatkan jasa teknologi elektronik, memanfaatkan fungsi dari komputer dan menggunakan bahan-bahan ajaran yang sifatnya mandiri.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat sehingga mendorong berbagai macam lembaga untuk memanfaatkan sistem e-learning khususnya lembaga yang bergerak di dunia pendidikan dengan maksud untuk meningkatkan efektifitas belajar mengajar. Melalui e-learning materi-materi pembelajaran dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet dan juga materi-materi dapat diperkaya dengan berbagai macam sumber pembelajaran.

Perkembangan e-learning saat ini dapat dikatakan tergolong masih baru dan penerapan dari e-learningpun bervariasi, berdasarkan hasil pengamatan dari berbagai sistem pembelajaran berbasis web yang tersebar di internet saat ini dapat ditemukan e-learning dari yang sederhana hingga yang kompleks atau terpadu yang biasanya berupa portal e-learning yang isinya berbagai macam objek pembelajaran yang dilengkapi dengan multimedia serta dipadukan dengan sistem informasi komunikasi, evaluasi, akademik dan diskusi.

Baca juga: Inilah pengertian e-government dan contohnya.

B. Kelebihan dan kekurangan e-learning

Pertama-tama kita bahas dulu apa kelebihan dari e-learning, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Adanya fasilitas yang disebut dengan e-moderating yang dimana pengajar dan siswa dapat saling berkomunikasi dengan mudah dan cepat.
  • Bahan-bahan pembelajaran dapat di review kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet untuk mengaksesnya.
  • Adanya bahan pembelajaran yang terstruktur dan terjadwal dengan baik melalui internet serta dapat diakses kapanpun jika diperlukan.
  • Dapat berdiskusi kapanpun melalui portal atau forum di internet antara pengajar dan siswa.
  • Siswa dapat menjadi aktif dalam proses pembelajaran.

Adapun kekurangan dari e-learning, yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Interaksi secara langsung antara pengajar dan siswa akan berkurang.
  • Proses pembelajaran akan cenderung mengarah kepada pelatihan bukan mengarah pada pendidikan.
  • Akan mengabaikan aspek akademik atau sosial dan sebaliknya dapat mendorong aspek komersial.
  • Dan siswa yang tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi akan mengalami kegagalan.

C. Komponen-komponen yang membentuk e-learning

a. Infrastruktur e-learning

Komponen ini dapat berupa komputer atau PC, jaringan komputer, internet, multimedia dll.

b. Sistem dan Aplikasi e-learning

Merupakan komponen yang men-virtualisasikan proses pembelajaran.

c. Konten e-learning

Konten atau bahan pembelajaran dapat berbentuk multimedia based content (konten yang bentuknya multimedia interaktif) atau dapat juga berupa text based content (konten yang bentuknya seperti buku mata pelajaran/buku elektronik).

d. Aktor e-learning

Yaitu berupa pengajar dan siswa yang menggunakan e-learning.

Baca juga: Mengenal pengertian TIK atau teknologi informasi dan komunikasi.

D. Keuntungan e-learning

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya metode e-learning dapat diterapkan di sekolah dan perguruan tinggi manapun. E-lerning sudah banyak dirasakan manfaatnya dan e-learning juga bermanfaat untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Beberapa manfaat e-learning dapat dijelaskan seperti uraian di bawah ini:

a. Dengan menggunakan metode e-learning dapat menghemat waktu proses pembelajaran.

Jadi siswa dapat mengurangi mencatat materi pelajaran yang diberikan oleh pengajar, seperti materi pelajaran yang ditulis pada papan tulis. Siswa dapat mencopy materi pelajaran yang pengajar berikan melalui web-nya, atau bisa juga pengajar dapat memberikan materi pelajaran melalui e-mail sehingga tugas pengajarpun menjadi lebih ringan karena tidak perlu menuliskan materinya di papan tulis.

b. Dengan menggunakan metode e-learning proses pembelajaran membuat siswa menjadi aktif.

Siswa akan menjadi aktif untuk mencari sendiri materi pelajaran yang dia butuhkan, dan mengerjakan tugaspun akan terasa lebih mudah karena menggunakan internet terutama tugas seperi menyusun makalah.

c. Dengan menggunakan e-learning proses pembelajaran dapat hemat biaya.

Jadi siswa tidak perlu diharuskan selalu menggunakan buku pelajaran, karena materi pelajaran dapat diperoleh dengan buku elektronik yang sudah disediakan oleh pengajar. Sehingga siswa dapat mengurangi berat beban tas sekolahnya dan hemat ruang, hanya cukup membuka laptop atau gadget lainnya untuk membaca materi pelajaran dan pengajarpun hanya perlu membawa laptop untuk memberikan pelajaran di kelas.

d. Dengan menggunakan metode e-learning proses pembelajaran akan terasa menyenangkan.

Siswa tidak akan merasa jenuh karena selalu belajar di kelas dan selalu duduk di bangku, karena proses pembelajaran dapat di selingi dengan menonton video atau film yang mendidik dan tetap dalam ruang lingkup tema materi pelajaran. Sehingga penerimaan materi pelajaran akan lebih mudah, siswa akan merasa senang dalam belajar dan pengajarpun akan semakin mudah untuk memberikan materi pelajaran.

Itulah tulisan tentang pengertian e-learning dan apa saja keuntungan jika menggunakannya. Bagaimana apakah kamu sudah memahaminya? Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mohon maaf jika ada kata-kata yang salah, terimakasih…